Tuesday, May 14, 2013

Cara Pasang Custom Skin GTA SA

CJ jadi tukang BECAK!!!

Hello GTA mania!!
Pada kesempatan ini saya ingin share trik untuk ngerubah / menginstal skin di game GTA SA. Mungkin ada beberapa dari kalian yang belom ngerti "apa itu skin?". Yang pasti saya ga ngebahas tentang kulit hehe..

Langsung intinya aja deh,, untuk yang belom ngerti Skin, ini ada beberapa contoh dari yang namanya skin GTA SA..
Skin mobil dan karakter:

Nah gimana? dah ngerti kan apa yang dimaksud skin,, dan skin gta itu banyak banget.. bahkan ada juga modification yang bisa bikin GTA kamu jadi lebih REAL!! tapi itu nanti aja bahasnya, sekarang cara ganti skin aja dulu :D hehe...

Oke deh langsung ke step-step nya..
Steps:

  1. Kamu butuh yang namanya aplikasi IMG Tool & Spark. Aplikasi itu berfungsi untuk me replace model skin di file gta3.img, dan juga untuk rebuild gta3.img
    IMG Tool: Download
    Spark: Download
     
  2. Lalu kamu harus Download Skin yang ingin dipasang. Untuk situs-situs yang nyediain skin ada banyak kok. Misal:  GTA Garage GTA Inside (kendaraan) GTA Inside (Skin Karakter) Dan masih banyak lagi, bisa di cari di forum2 game tentang GTA.

  3. Setelah download skin, pastikan skin yang mau kamu pasang itu namanya sana seperti skin yang mau di ganti.. untuk liat nama-nama skin cek DISINI












    Pada gambar di atas, saya mau mengubah skin nomor 291. itu skin aslinya. Jadi file nya kita ganti sesuai dengan nama "SKIN MODEL NAME" yang didapat dari list. Dan nama file yang ingin saya ubah yaitu "paul".  Jadi file yang saya download saya ganti jadi " paul.dff & paul.txd "(Jangan lupa untuk tambahin .dff dan .txd sesuai dengan ekstensinya masing2)
     
  4. Setelah file yang mau dipasang siap, kita langsung buka Spark yang sudah di pasang di PC. lalu klik yang dilingkari, atau ke File, Lalu open.

  5. Nanti akan muncul seperti ini, dan kamu langsung pilih file gta3. (Peringatan: Backup dulu file gta3.img untuk jaga-jaga jika terjadi eror pada skin yang di install, copy gta3.img lalu taruh di desktop atau di folder data anda)
  6. Setelah itupilih opsi Import. Lalu pilih file .dff dan .txd yang sudah disiapkan awal tadi.

  7. Setelah itu Save.
  8. Close Spark. Sekarang buka aplikasi IMG Tool. Lalu pilih Open, dan pilih gta3.img
  9. Setelah di open, Pilih Commands, lalu pilih REBUILD ARCHIVE, tunggu hingga selesai. Lalu cek sendiri skin yang sudah di instal.


Oh iya, Skin yang tadi saya instal itu kalo di game offline hanya bisa dilihat pas mission yang di Casino Calligula. Jadi kalo pengen nikmatin skinnya harus pake mod skin changer / bisa pake skin itu kalo maen GTA SA online ((SAMP))
 
    Nih dia perbandingan skin yang belum diinstal dengan yang sudah diinstal.
   
Sebelum

Sesudah
     
Gimana?? Makin ganteng kan si Kent Paul nya Haahahaha
Oke deh, semoga postingan kali ini bisa ngebantu buat kalian yang ingin ngedit game GTA-SA nya..
Kalo ada pertanyaan jangan sungkan sungkan bertanya, tapi gunakan bahasa yang sopan ;D




5 comments:

  1. Samaa-sama, dan terima kasih..

    Siap dah, meluncur ke blog agan :)

    ReplyDelete
  2. Kalo misalnya karakter cj, yang diganti cj atau player?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ini lebih rumit gan,, sekilas sih step nya sama, cuma yang diganti itu bukan 1 file.

      misal agan mau ngedit topi, nah agan harus buka player.img dan agan pilijh accesoris apa yang mau agan ganti nah abis itu agan bisa pasang dengan cara ganti baju atau beli baju sesuai dengan id accesoris yang agan ganti tadi...

      Delete
  3. Yg tanpa pc ada gak,pasang skinya

    ReplyDelete

-NO SARA
-NO ADVERTISE
-NO MAHO :p